Kamis, 12 Desember 2019

PEMASARAN JASA KEARSIPAN Konsep Sistem dan Fungsi Pemasaran


Konsep Sistem dan Fungsi Pemasaran

BAB I

PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pemasaran dapat didefinisikan sebagai serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan,pengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingan nya.

Saat ini, kegiatan dalam bidang pemasaran memiliki peranan yang penting dalam dunia bisnis, hal ini disebakan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dimana perusahaan berhubungan langsung dengan konsumen. Kegiatan pemasaran ini harus memberikan kesan yang baik di mata konsumen, dimana perusahaan harus memberikan layanan serta hasil produk berupa barang dan jasa yang terbaik sehingga dapat memberikan kepuasan kepada para konsumen, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur serta keberhasilan perusahaan dalam mengasilkan produk yang berkualitas dan yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai kepada pelanggan, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif dan efisien serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan.

Pada umumnya tujuan dari didirikannya suatu perusahaan adalah untuk mencari laba semaksimal mungkin serta usaha yang berkesinambungan. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kualitas yang diharapkan, akan mampu mengatasi tantangan dari para pesaing terutama dalam bidang pemasaran. Oleh karena itu untuk menarik konsumen melakukan pembelian maka perusahaan harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi.

1.2  Rumusan Masalah
1.    Bagaimana konsep dasar pemasaran
2.    Bagaimana manajemen pemasaran jasa
3.    Pemasaran jasa Kearsipan
4.    Bagaimana metode pemasaran manajemen kearsipan

1.3  Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan penulisan disini supaya kita dapat mengetahui tentang manajeman pemasaran produk dan jasa untuk memperluas wawasan dan pengetahuan para pembaca tentang manajemen pemasaran dan berbagai macam di dalamnya.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Pemasaran dapat didefinisikan sebagai serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan,pengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingan nya.

Pemasaran dikembangkan dari kata pasar yang berarti sarana atau tempat berkumpulnya orang yang terlibat dalam pemasaran. Dalam pengertian abstrak, pemasaran diartikan sebagai suatu kegiatan, proses, atau sistem keseluruhan. Kolter (2000:4) mendefinisikan pemasaran sebagai suatu proses sosial dan manajerial ketika seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan usahakan melalui penciptaan, penukaran yang dapat memenuhi kebutuhan,keinginan dan permintaan seseorang atau kelompok. pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh pengusaha dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba. Pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran (Philip kotler, 2001).

Kotler dan Amstrong (2001:1) menyatakan bahwa manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang telah direncanakan untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan membeli dengan sasaran pencapaian tujuan organisasi. Sofyan Assauri (2004) mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai kegiatan menganalisis, merancangkan, mengoordinasikan, dan mengendalikan semua kegiatan yang berkaitan dengan perancangan dan peluncuran produk, pengomunikasian, promosi dan pendistribusian produk, menetapkan harga dan mentransaksikan nya dengan tujuan perusahaan jangka panjang.
BAB III
PEMBAHASAN
Berpola pada asumsi bahwa pemasaran merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, dan mendapatkan laba serta pengembangan perusahaan maka, setiap perusahaan harus mampu merebut setiap peluang pasar atau kesempatan usaha yang ada untuk memaksimalakn laba usaha. Hal ini dilakukan dengan mendayagunakan semua aktifitas pemasaran dan pemanfaatan seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam kegiatan pemasaran untuk memnuhi dan memuaskan kebutuhan serta keinginan konsumen sekaligus menarik konsumen potensial.

Untuk menciptakan harapan nyata berupa memaksimalkan laba lewat pemuasan konsumen, maka segala aktifitas pemasaran yang dilaksanakan perusahaan haru berpijak pada konsep pemasaran sebagai satu-satunya falsafah bisnis.
Ada beberapa unsur yang terkandung dalam konsep pemasaran ini antara lain:
1. Kegiatan pemasaran selalu berorientasi pada konsumen atau pasar.
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan di integerasi secara organisasi.

Dalam praktek konsep pemasaran sebagai landasan atau filosofi bisnis, bukan merupakan satu-satunya alat untuk mengantisipasi segala kecenderungan tersebut dengan berpola pada kondisi berupa kelamahan dan keunggulan perusahaan serta peluang dan hambatan. Pengetahuan akan kelemahan dan keunggulan serta peluang dan ancaman/hambatan perusahaan, memudahkan manajer perusahaan untuk melakukan tindakan-tindakan dan kebijakan-kebijakan strategis yang tepat yang akan menguntungkan perusahaan.

KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN.
1.Kebutuhan.
Kebutuhan merupakan konsep pokok yang melandasi pemasaran. Menurut Kotler, kebutuhan merupakan suatu keadaan yang dirasakan tidak ada dalam diri seseorang atau dengan kata lain suatu keadaan merasa tidak memiliki kepuasan dasar tertentu. Kebutuhan bersifat sangat kompleks diantaranya; kebutuhan fisik pokok (sandang, pangan dan papan); kebutuhan social (keamanan, kasih sayang); kebuthan pribadi (pengetahuan dan ekpresi diri). Jadi dapat dikatakan kebutuhan tidak diciptakan oleh pemasar karena sudah merupakan kondisi manusiawi.

2.Keinginan.
Keinginan merupakan kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian individu. Dengan berkembangnya masyarakat menyebabkan makin meluasnya keinginan masyarakat, karena masyarakat di perhadapkan pada objek yang semakin melimpah (barang dan jasa) yang membangkitkan minat serta hasrat mereka.

3.Permintaan.
Manusia mempunyai keinginan yang hampir tidak terbatas namun, sumber daya mereka terbatas. Jadi kita memilih produk yang menghasilkan kepuasan tertinggi sesuai jumlah uang yang ada. Keinginan konsumen berubah menjadi permintaan serta didukung oleh daya beli, disini konsumen melihat produk berdasarkan unsur “manfaat” sesuai dengan kondisi keuangan mereka.

4.Produk.
Produk merupakan sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat (konsumen) untuk dimiliki, digunakan atau pun dikonsumsi sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan. Produk yang ditawarkan tersebut meliputi barang fisik, jasa, orang atau pribadi, tempat, organisasi dan ide.

Produk secara konseptual meliputi Barang, Kemasan, Merek, Label, Pelayanan serta jaminan sehingga memberi suatu kepuasan bagi pelanggan.

5.Pertukaran.
Pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh suatu objek yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dan syarat-syarat untuk terjadinya suatu pertukaran. Syaratnya yakni harus ada sedikitnya dua pihak, masing-masing pihak harus mempunyai sesuatu yang bernilai bagi pihak lainnya, masing-masing pihak bebas untuk menerima atau menolak tawaran pihak lainnya dan masing-masing pihak harus mampu berkomunikasi. Jadi pertukaran dapat dikatakan menjadi nadi kegiatan pemasaran.

6.Transaksi.
Transaksi adalah perdagangan nilai antara dua pihak. Ada transaksi yang menggunakan uang dan ada yang tidak melibatkan uang (System Barter).

Dalam transaksi ini, proses komunikasi dapat dipahami yang mana pemasar/produsen merupakan komunikatornya dan komunikannya adalah konsumen. Produk menjadi pesannya, komunikasi pemasaran adalah medianya, feedbacknya adalah perilaku pembelian ulang atau loyalitas produk (system keluhan konsumen). Sedangkan noise terdiri dari produk yang cacat, kadaluarsa serta sulit didapat/terlambat sampai.

7.Pasar.
Pasar adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk. Menurut Philip Kotler, pasar adalah seluruh konsumen langganan potensial yang mempunyai kebutuhan dan keinginan tertentu yang ingin dan mampu dipenuhi dengan pertukaran sehingga dapat memuaskan kebuthan dan keinginan tertentu.

FUNGSI-FUNGSI PEMASARAN
Adapun fungsi-fungsi pemasaran adalah :
1.Pembelian (Buying)
Ialah fungsi yang mengikuti aktivitas-aktivitas mencari dan mengumpulkan barang-barang yang di perlukan sebagai persediaan memenuhi kebutuhan konsumen. Fungsi ini pada dasarnya merupakan proses atau kegiatan mencari penjual dan merupakan tibal balik dari kegiatan penjualan (Selling). Untuk itu maka, sangat perlu dipahami kegiatan apa saja yang dapat mengakibatkan orang melakukan pembelian.

2.Penjualan (Selling)
Mencakup aktivitas-aktivitas yang dilakukan untuk mencari calon pembeli produk yang ditawarkan dengan harapan dapat menguntungkan. Kegiatan penjualan merupakan lawan dari pembelian. Buying tidak akan terjadi tanpa selling demikian pun sebaliknya.

3.Transportasi
Adalah proses pendistribusian atau pemindahan barang dari suatu tempat ke tempat yang lain.

4.Penggudangan/ penyimpanan
Ialah fungsi penyimpanan produk yang dibeli sebagai persediaan agar terhindar dari resiko kerusakan maupun resiko lainnya.

5.Informasi Pasar
Poin ini merupakan fungsi pemasaran yang luas dan penting, karena fungsi ini memberikan informasi tentang situasi perdagangan pada umumnya yang berhubungan dengan produk, harga yang inginkan konsumen dan situasi pasar secara menyeluruh. Menurut Sofjan Assauri (1987: 303) yang dimaksudkan dengan informasi adalah keterangan baik berupa data atau fakta maupun hasil analisa, pertimbangan atau pandangan dari yang menyampaikan mengenai kondisi yang berkaitan dengan kebutuhan dalam pengambilan keputusan.

Manajemen Pemasaran Jasa Kearsipan
Manajemen kearsipan atau rekod manajemen telah berkembang sangat pesat selama beberapa tahun terakhir karena transformasi transaksi berbasis kertas ke mode elektronik.perusahaan dipaksa untuk mempertahankan volume data yang besar untuk memenuhi persyaratan hukum. selain meringankan proses penyimpanan data manajemen rekod juga memungkinkan kelancaran informasi selama proses litigasi. manajemen arsip dapat didefinisikan sebagai praktek sistematis pengelolaan semua catatan dokumen dan penyajian informasi dalam sebuah perusahaan. Manajemen arsip meliputi penyusunan dokumen, penyimpanan untuk sementara guna memenuhi persyaratan kepatuhan, dan penghancuran dokumen pada akhir siklus hidup.

Pemasaran jasa kearsipan telah banyak berubah selama beberapa tahun terakhir, sama seperti profesi dunia kearsipan yang juga telah berkembang. manajemen pemasaran kearsipan telah berkembang seiring dengan evolusi teori teori tentang bauran pemasaran. bauran pemasaran adalah paket elemen yang terorganisir untuk membantu organisasi dalam mencapai tujuan pasar dan tujuan tertentu.

Metode pemasaran manajemen arsip
Pemasaran adalah salah satu aspek paling penting dari sebuah bisnis dokumen manajemen yang sukses. seperti pada industri lainnya mengembangkan dan menerapkan program penjualan membutuhkan usaha aktif. Berikut adalah metode yang penting dalam memasarkan produk manajemen arsip.

1.    Elemen paling penting dari kampanye pemasaran yang baik adalah
·         Dasar pengetahuan dari bisnis dokumen manajemen
·         Pengetahuan tentang pasar dan pesaing
·         sebuah situs web yang dirancang secara profesional dan materi pemasaran
·         Efektif iklan
·         Penjualan janji pelacakan pemimpin dan arahan
·         Tradeshows dan partisipasi dalam asosiasi

2.    Memahami dengan jelas layanan yang akan ditawarkan
Untuk berhasil memasarkan dokumen manajemen dan menawarkan harga terbaik, Anda harus mengetahui kebutuhan klien anda. Record management tidak hanya menyimpan namun dokumen record harus diatur, di indeks dalam program perangkat lunak, barcode untuk melacak, dikategorikan untuk retensi, dan telah memiliki Once they have been properly cataloged, clients Will know what they have and be able to easily located and request documents katalog maka klien akan tahu apa yang mereka miliki Dan dapat mengetahui kebutuhan Nya sehingga mereka akan mencari dan meminta dokumen.State-of-the-art seperti akses web dan digital imaging secara dramatis dapat meningkatkan penjualan

3.    State-of-the-art seperti akses web dan digital imaging secara dramatis dapat meningkatkan penjualan
Bayangkan bagaimana menggunakan alat-alat manajemen hanya untuk menyimpan ratusan atau ribuan kotak dokumen di unit penyimpanan perusahaannya, dan memaksa klien untuk mencari melalui tumpukan file. bahkan ketika file ditemukan tidak ada cara untuk mengetahui apakah file lain berisi informasi yang relevan.

4.    Bersiap untuk menjelaskan kepada klien bagaimana produk yang ditawarkan
Anda dapat memberikan efisiensi dan uang serta merampingkan biaya operasi mereka. Kebanyakan mereka meluangkan waktu untuk menganalisis berapa banyak yang mereka gunakan untuk menyimpan dokumen.

5.    Pengetahuan tentang pasar dan pesaing
Mengetahui apa yang ditawarkan oleh pesaing. cara terbaik untuk melakukannya adalah survei pesaing tentang layanan mereka dan harga. Anda tidak harus tepat meniru mereka tapi menyadari apa yang client butuhkan.

6.    Sebuah website profesional dan material pemasaran
Jika Anda berharap lain potensial untuk melihat anda sebagai organisasi yang berkualitas, Anda harus memiliki materi pemasaran profesional. Bila anda menghubungi prospek yang belum pernah bertemu sebelumnya, mereka akan meminta informasi tentang perusahaan anda dan penawarannya. Biasanya mereka ingin diarahkan ke website anda. materi pemasaran Anda adalah kesan pertama klien terhadap organisasi Anda sehingga mereka harus menempatkan anda dalam posisi yang positif dan jelas mengidentifikasi bagaimana layanan pelanggan Anda bermanfaat.

7.    Efektivitas iklan
Iklan dapat menjadi sumber penting, jangan menyebar uang untuk iklan cetak. Save your founds for more efficient applications. Simpan dana anda untuk hal-hal yang lebih efisien.

8.    Telemarketing
Untuk melaksanakan program langkah pertama adalah mengidentifikasi daftar calon. menyewa sebuah perusahaan dengan reputasi yang baik untuk mendapatkan prospek yang berkualitas dalam hal ini daftar individu yang bertanggung jawab untuk menangani catatan bisnis.

9.    Penjualan janji, pelacakan dan arahan
Melakukan pertemuan yang telah dijadwalkan untuk membahas prospek dan manfaat dari program dokumen manajemen profesional. penting bagi penjual untuk memahami ruang lingkup pekerjaan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan klien. Setelah bertemu ia akan mengajukan proposal kepada klien untuk dapat dipelajari lebih lanjut.

Sebuah program penjualan yang sukses membutuhkan rencana dan organisasi. salah satu tempat terbaik untuk mencari pelanggan baru adalah pada klien yang sudah ada. Luangkan waktu untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

10.  Tradisional dan partisipasi dalam asosiasi
Sumber potensial untuk mendapatkan informasi dan saran adalah pameran yang menargetkan perusahaan dan instansi pemerintah, dan organisasi bisnis/perdagangan yang didedikasikan untuk dokumen manajemen profesional.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1  Simpulan
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengenalkan maupun menawarkan produknya kepada konsumen. Tujuan dari pemasaran yaitu dalam jangka pendek untuk mendapatkan laba, jangka menengah mendapatkan titik impas antara biaya produksi dengan volume penjualan sedangkan untuk jangka panjang mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan melalui loyalitas konsumen dalam penggunaan produk yang dihasilkan. Agar tujuan dapat tercapai secara penuh ataupun mendekati dengan yang sudah ditentukan, maka diperlukan pemilihan strategi pemasaran yang tepat untuk menunjang berhasilnya tujuan tersebut.

4.2  Saran
Dengan memahami defenisi pemasaran yang dikemukakan oleh para ahli baik itu konsep maupun fungsi-fungsi pemasaran tersebut, maka sebuah perusahaan dalam hal ini produsen harus menekankan kepuasan pada konsumen atau masyarakat pada umumnya, baik iyu pemasaran produk maupun jasa.

PEMASARAN JASA KEARSIPAN Konsep Sistem dan Fungsi Pemasaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Semoga Berkah

0 komentar:

Posting Komentar