Minggu, 20 September 2020

Konsep Dasar Manajemen Informasi Yang Perlu Dipelajari

Manajemen informasi


Dalam mengelola suatu usaha seorang pemilik usaha dapat melihat berapa maju usahanya dengan mengetahui informasi seperti jumlah pelanggan banyak pendapatan yang diterima atau berapa jumlah barang yang masuk. demikian juga halnya di pengolahan arsip arsip sebagai aset organisasi juga perlu dikelola secara efektif Berdasarkan informasi yang berkaitan dengannya.


Pada pengelolaan arsip yang volumenya tidak terlalu besar, maka pengelolaan informasinya pun tidak terlalu rumit. namun besar jumlah arsip yang dikelola maka informasi tersebut semakin sulit untuk dipantau. di sinilah manajemen informasi berperan untuk mengatur informasi tersebut agar dapat direkam dan dibuat menjadi suatu laporan yang memudahkan pemantauan informasi yang dibutuhkan.

Definisi manajemen informasi


Manajemen informasi didefinisikan sebagai kesempatan untuk meningkatkan produktivitas individu dan organisasi melalui keputusan dan komunikasi yang lebih baik dengan mendayagunakan kemampuan komputer. bekerja lebih cepat, akurat, dan mampu menyimpan data lebih banyak daripada manusia adalah alasan mengapa komputer dipilih untuk membantu pekerjaan informasi dalam melaksanakan pekerjaannya.


Manajemen informasi merupakan pengelolaan data dimana dalam mencakup proses mencari, penyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga dapat dijadikan landasan dalam 9 keputusan oleh manajemen

Fungsi manajemen informasi

Manajemen informasi sebagai suatu sumber mempunyai pola yang sama. manajer bertanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memprosesnya menjadi informasi yang dapat digunakan. ya harus memastikan bahwa orang yang ada dalam perusahaan akan menerima informasi dengan bentuk yang tepat pada saat yang tepat pula sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk mendukung proses manajemen. Langkah terakhir manajemen harus membuang informasi yang kuno tidak lengkap dan salah serta menggantinya dengan informasi yang dapat digunakan. semua aktivitas ini yang disebut sebagai manajemen informasi, menjadi penting akibat meningkatnya kekompleksan tugas manajemen dan kegiatan untuk gunakan peralatan pemecahan masalah yang lebih baik.  Berikut ini adalah alasan umum Mengapa petugas manajemen menjadi lebih kompleks.

Ekonomi internasional.  perusahaan dengan berbagai ukuran sekarang ini menjadi subjek bagi Pengaruh ekonomi yang  datang dari mana saja di seluruh dunia ini.  Hal ini dapat dilihat dari pengaruh pada nilai dolar Amerika Serikat dalam perbandingannya dengan nilai mata uang asing yang mempunyai keseimbangan impor dan ekspor. termasuk krisis ekonomi yang baru-baru ini melanda negara Amerika kebijakan di sektor ekonomi dunia pun ikut mengalami perubahan dikarenakan kebijakan moneter terbesar masih dipegang oleh mereka.

Meningkatnya kompleksitas teknologi.  teknologi internet telah membawa perubahan besar  dalam perkembangan teknologi dunia. kita dapat melihat contoh teknologi internet dalam bisnis setiap hari yang memanfaatkan internet yaitu sistem reservasi Pelabuhan Udara kereta api dan layanan transportasi lainnya, perbankan atau teller  otomatis, siaran televisi digital melalui jaringan televisi kabel toko online dengan konsep e-commerce.  terdapat banyak bola teknologi di balik layar yang tidak dapat kita lihat misalnya robot yang digunakan dalam pabrik penyimpanan big data perusahaan melalui konsep komputasi awan, Serta peralatan pendukung lainnya. perusahaan menginvestasikan teknologi ini agar dapat bekerja maksimal dengan  pengeluaran yang sedikit. bahan tersebut juga mengantisipasi tingkat pelayanan yang baik dengan karyawan yang sedikit.

Penyusutan kerangka waktu.  manajer harus bertindak secara cepat untuk merespon tekanan dari pelanggan, pesaing dan pengendali stok. setiap jengkal operasi bisnis bergerak dengan cepat sekarang ini ada yang terjadi sebelumnya. perwakilan penjualan mencakup ke seluruh wilayah dengan menggunakan jet,  penjualan ditransmisikan ke kantor pusat melalui satelit dan mengirim pesan disampaikan pada hari itu juga.

Tekanan pesaing.  keinginan untuk beroperasi dengan cara yang paling efisien telah diperkuat dengan meningkatnya  persaingan untuk mendapatkan dollar dari para pelanggan.

Tekanan sosial.  tidak semua tekanan yang bersifat lingkungan merupakan ciri dari produksi tetapi secara ironis nonproduksi pun mengakibatkan tekanan yang bersifat lingkungan. hal ini benar dalam kasus ketidaksenangan dari masyarakat yang tidak menginginkan adanya jasa tertentu. putusan harus didasarkan pada faktor ekonomi demikian pula harus mempertimbangkan biaya sosial dan pembayaran gaji.

Walaupun ada perbedaan yang nyata antara tingkat manajemen dan area fungsional tetapi secara umum manajer melakukan fungsi yang sama mainkan peranan yang sama pula. telah diketahui pula bahwa fungsi manajemen mencakup perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. semua manajer melakukan fungsi ini menurut tingkatnya walaupun kemungkinan dengan penekanan yang berbeda.

Dalam melakukan fungsi dan memainkan perannya manajer modern memanfaatkan prosedur dan peralatan untuk meningkatkan keberhasilan tugasnya. dengan mengombinasikannya dengan keterampilan manajemen dasar maka peralatan dan prosedur ini dapat dimanfaatkan untuk mencapai tingkat penampilan yang baik, yang tidak mungkin dicapai oleh para manajer beberapa tahun yang lalu.

Keterampilan yang harus dipunyai oleh seorang manajer yang hasil yang paling dasar adalah komunikasi dan pemecahan masalah. manajer pada semua tingkatan dan dalam semua area fungsional akan berkomunikasi dengan orang yang memberikan laporan padanya, dengan manajer lain dan dengan orang diluar organisasi. manajer tersebut juga harus memecahkan masalah dengan membuat perubahan terhadap operasi usahaan sehingga dapat menyesuaikan dengan lingkungannya yang telah berubah. komputer adalah peralatan yang dapat mendukung komunikasi maupun pengambilan keputusan. manajer dapat memperoleh hasil yang terbaik putar bila alat ini dapat ia pahami.

Konsep Dasar Manajemen Informasi Yang Perlu Dipelajari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Semoga Berkah

0 komentar:

Posting Komentar