Sabtu, 18 April 2020

PEMELIHARAAN DAN PENGAMANAN ARSIP Strategi Pemeliharaan dan Pengamanan Arsip Elektronik


Strategi Pemeliharaan dan Pengamanan Arsip Elektronik
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pemeliharaan dan pengamanan arsip merupakan elemen penting dalam program kearsipan. Tujuannya adalah untuk memperpanjang kehidupan agar arsip dapat tetap digunakan, baik dalam kegiatan hari-hari suatu organisasi maupun untuk kepentingan penelitian.
Pengelolaan dan pemeliharaan arsip elektronik mungkin merupakan masalah paling penting yang mempengaruhi arsiparis dan profesi informasi lainnya saat ini.  Secara sederhana arsip elektronik secara fisik dan intelektual Rapuh. Arsip elektronik mudah dimanipulasi serta tidak dapat digunakan hanya melalui degradasi fisik media arsip tetapi juga melalui perubahan perangkat keras dan perangkat lunak yang tersedia. Secara fisik Media elektronik kurang stabil dibanding dengan media pendahulunya seperti kertas dan lain-lain, serta dengan rentang yang lebih pendek,  Oleh karena itu arsip elektronik harus benar-benar dipelihara dengan baik dan benar.
Proses pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik membentang pada seluruh daur hidup arsip sejak pencipta hingga penyusutan serta reproduksinya untuk pelestarian bagi semua generasi. Proses keseluruhan pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik harus berkelanjutan.   Tujuan utama dari pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik adalah untuk memilih, melestarikan, dan menyediakan arsip untuk penggunaan arsip dan informasinya khususnya yang memiliki nilai guna permanen atau berkelanjutan.  kegiatan pemeliharaan dan pengamanan arsip digital penting untuk menjamin kelanjutan penggunanya.
Strategi pemilihan pengamanan arsip elektronik adalah pendekatan yang diadopsi oleh organisasi untuk menjamin bahwa konten arsip elektronik tetap dalam bentuk yang dapat digunakan dari waktu ke waktu. Strategi ini bekerja dengan mengidentifikasi pemicu khusus yang akan menentukan Kapan kegiatan pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik dapat dilakukan.  Beberapa teknik pemeliharaan dan pengamanan saat ini untuk mendukung berbagai strategi pelestarian  antara lain migrasi dan emulsi. pemilihan strategi serta teknik menjadi bagian paling sulit dalam upaya pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik aspek teknis serta proses dan keuangan suatu format dasar strategi untuk pengambilan keputusan memilih strategi ini.
Rumusan Masalah
Apa itu arsip elektronik?
Bagaimana cara pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik?
BAB II
PEMBAHASAN
Arsip Elektronik Adalah definisi lain dari Elektronic Archive (e-Archive) yang artinya sistem atau tata cara mengumpulkan informasi, yang berbentuk dokumen yang direkam serta disimpan menggunakan teknologi komputer yang berupa dokumen elektronik (Document Management System/e-Documents). Tujuannya agar dokumen mudah dilihat, dikelola, ditemukan dan dipakai kembali.
Pengertian Arsip Elektronik Menurut Para Ahli
Pengertian arsip elektronik menurut Australian Archives adalah arsip yang dicipta atau dipelihara, sebagai bentuk transaksi,  aktifitas, dan fungsi lembaga atau individu yang ditransfer dan diolah di dalam dan diantara sistem komputer.
Pengertian arsip elektronik menurut NARA adalah arsip yang disimpan dan diolah dalam suatu format, yang dimana hanya komputer yang dapat memprosesnya. Arsip elektronik dinamakan juga dengan machine readable records (arsip yang hanya bisa dibaca melalui mesin). Elektronic records adalah suatu informasi dalam file serta media elektronik yang dibuat, diterima, atau dikelola oleh organisasi maupun perorangan dan menyimpannya sebagai bukti kegiatan.
Pengertian arsip elektronik menurut Sugiarto adalah sebuah arsip yang konsepnya masih sama dengan konsep arsip konvensional. Bila pada arsip berbasis elektronik memiliki kabinet virtual, yang di dalamnya berisi map virtual. Dan dalam map virtual itu berisi lembaran arsip yang sudah dikonvensi dalam bentuk file digital.
Pengertian arsip elektronik atau sistem kearsipan menurut Priansa dkk adalah kombinasi serta penyusunan yang unik, dari unsur proses kearsipan yang didesain untuk mencari solusi atas masalah kearsipan hingga tujuan yang sudah ditetapkan bisa dicapai.
Dalam dunia digital ( elektronik) arsip adalah konstruksi atau entitas yang muncul sebagai akibat dari manipulasi data menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras pada waktu tertentu.  Karakteristik arsip elektronik dapat ditentukan berdasarkan definisi arsip yang diberikan dalam ISO  15489- 2001,  yaitu informasi yang dibuat, diterima, dan dipelihara sebagai bukti dan informasi oleh organisasi atau orang, sesuai dengan kewajiban hukum atau dalam transaksi bisnis bahwa:
1.      untuk menjadi arsip, informasi harus mengambil bagian dalam;
2.      beberapa jenis transaksi bisnis, Mengingat bahwa' bisnis' ini mungkin dapat dilakukan oleh individu pribadi atau badan hukum; dan
3.      arsip juga harus dipelihara oleh organisasi atau orang yang terlibat dalam bisnis sebagai bukti yang dapat diandalkan.
Sebuah komponen digital arsip elektronik adalah  objek digital, yaitu bagian dari arsip elektronik, atau yang mengandung satu atau lebih bagian dari satu atau lebih arsip elektronik, serta yang memiliki metode khusus untuk  penyimpanan dan reproduksi.  Setiap arsip elektronik memiliki setidaknya satu komponen digital yaitu aliran bit yang mewakili yang terdapat dalam arsip.  Setiap komponen digital memiliki satu atau lebih metode yang terkait atau program untuk decoding bitstream  dan menyajikannya untuk digunakan.
Pemeliharaan Dan Pengamanan Arsip Elektronik
Proses pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik membentang pada seluruh daur hidup arsip sejak pencipta hingga penyusutan serta reproduksinya untuk pelestarian bagi semua generasi. Proses keseluruhan pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik harus berkelanjutan.   Tujuan utama dari pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik adalah untuk memilih, melestarikan, dan menyediakan arsip untuk penggunaan arsip dan informasinya khususnya yang memiliki nilai guna permanen atau berkelanjutan.  kegiatan pemeliharaan dan pengamanan arsip digital penting untuk menjamin kelanjutan penggunanya.
Kebijakan pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik memiliki dua tujuan.  pertama, untuk menentukan suatu organisasi melakukan pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik dengan menjelaskan:
1.      tujuan serta arah heran dan pengamanan arsip elektronik
2.      bagaimana pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik memungkinkan bagi lembaga kearsipan untuk mencapai tujuan utama sebagai lembaga memori kolektif bangsa
3.      bagaimana pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik sejalan dengan tujuan yang lebih luas setiap organisasi induk strateginya
4.      manfaat jangka panjang akses terhadap data untuk digunakan kembali dan risiko ekonomi, resiko reputasi, serta  resiko budaya untuk mengatasi ini melalui pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik.
Kedua, kebijakan bagi otoritas bagi organisasi untuk melakukan pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik dalam hal:
1.      memberikan penjelasan dan tanggung jawab baik di dalam serta pihak luar
2.      mendefinisikan secara singkat kriteria keberhasilan yang dapat diukur
3.      menentukan cakupan kegiatan pemeliharaan dan pengamanan arsip termasuk kategori arsip yang lebih luas
4.      menentukan Kapan serta lembaga kearsipan dapat menilai arsip elektronik yang disajikan kepada mereka untuk dikelola  karena nilai guna sejarah dan karakter  teknologinya
5.      menunjukkan adanya standar yang Harus dipatuhi Dalam strategi pemeliharaan dan pengamanan arsip
Ketentuan peraturan perundang-undangan pemeliharaan dan pengamanan arsip di Indonesia tercakup dalam undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang pelaksanaan undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan.
Pilihan Strategi Pemeliharaan dan Pengamanan Arsip Elektronik
Karena teknologi memungkinkan informasi yang dibuat, dimanipulasi, disebarluaskan, dicari, dan disimpan dengan mudah meningkat, maka menjaga akses terhadap masih ini menimbulkan tantangan yang signifikan. pilihan strategi akan tergantung pada sifat dari material dan aspek apa yang harus dipertahankan.
Refreshing, yaitu menyalin informasi tanpa mengubahnya, memberikan solusi jangka pendek untuk memilih terhadap arsip elektronik dengan menjamin informasi yang disimpan pada media yang lebih baru sebelum media lama untuk melampaui titik di mana informasi dapat diambil.
Migrasi informasi dari 1 konfigurasi perangkat keras atau lunak ke perangkat keras atau lunak lain atau dari satu kasih teknologi komputer ke generasi berikutnya berikan satu metode penanganan keusangan teknologi. sementara, kesesuaian terhadap standar akan membantu dalam memelihara akses terhadap arsip elektronik harus diakui bahwa standar teknologi itu sendiri kembang pesat.
Emulasi teknologi berpotensi Memberikan manfaat yang besar dalam memelihara dan mengamankan fungsionalitas tas objek elektronik.  namun manfaat praktis untuk aplikasi ini belum juga ditunjukkan.
Enkapsulasi, sebagai mengelompokkan bersama objek elektronik dan objek lainnya yang diperlukan untuk menyediakan kertas terhadap objek tersebut, telah  diusulkan sejumlah peneliti sebagai strategi yang berguna dalam hubungannya dengan metode lain dari pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik.
Pengamanan Informasi
Agar informasi di dalam arsip elektronik jatuh ketangan pihak yang tidak bertanggung jawab, perlu kiranya diberika penanganan khusus untuk arsip jenis ini, kegiatan pengamanan informasi dalam arsip elektronik adalah sebagai berikut:
1.      Menciptakan prosedur standar dalam pengoperasian yang menjamin keamanan terhadap kemungkinan penggunaan informasi yang tidak sah oleh pihak-pihak yang tidak berhak.
2.      Melakukan pemeliharaan perangkat keras (hardware), dan melakukan penyesuaian teknologi secara berkala.
3.      Melakukan pemeliharaan perangkat lunak (software), dan melakukan penyesuaian secara berkala.
Pemeliharaan Fisik Arsip Elektronik
Sedangkan pemeliharaan arsip elektronik dilakukan agar fisik arsip tidak rusak. Karena jika fisik arsip rusak biasanya data yang berada di dalam fisik arsip elektronik pun ikut rusak pula. Berikut cara pemeliharaan fisik arsip elektronik tersebut:
1.      Penggunaan perangkat keras (komputer,laptop,hardisk, flashdisk), dengan baik sesuai prosedur.
2.      Menggunakan software asli (bukan bajakan)
3.      Mem back up data secara berkala
4.      Menyimpan arsip elektronik di tempat yang terlindung dari medan magnet, debu, panas yang berlebihan, dan air.
5.      Menjaga kestabilan suhu tempat arsip tersebut berada, rata-rata antara 11-22 C dan kelembapan antara 45-65% RH.
Dengan menerapkan pemeliharaan arsip elektronik dengan baik, diharapkan data informasi penting yang berada pada arsip elektronik akan bertahan lama sekaligus melindungi data tersebut dari pihak lain yang tidak berkepentingan
BAB III
PENUTUPAN
Kesimpulan
Dari tulisan di atas dapat disimpulkan bahwa arsip elektronik mempunyai peranan penting dalam penyimpanan arsip dengan mengikuti perkembangan jaman. Tujuan utama dari pemeliharaan dan pengamanan arsip elektronik adalah untuk memilih, melestarikan, dan menyediakan arsip untuk penggunaan arsip dan informasinya khususnya yang memiliki nilai guna permanen atau berkelanjutan.  kegiatan pemeliharaan dan pengamanan arsip digital penting untuk menjamin kelanjutan penggunanya. Maka dari itu sebagai pengelola arsip harus mengetahui cara pemeliharaan dan pengamanan arsip supaya arsip dalam media elektronik dapat dijaga kelestarianya.

Daftar pustaka:
BMP ASIP4320 Pemeliharaan dan pengamanan arsip, Desi Pratiwi
https://www.ruangguru.co.id/pengertian-arsip-elektronik-manfaat-dan-komponennya-lengkap/

PEMELIHARAAN DAN PENGAMANAN ARSIP Strategi Pemeliharaan dan Pengamanan Arsip Elektronik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Semoga Berkah

0 komentar:

Posting Komentar