Minggu, 22 September 2019

Arsip sebagai informasi terekam

A. Asal Usul Kata Arsip

Anda tentu pernah mendengar kata arsip, kalau seseorang pernah mengatakan dia bekerja di bagaian arsip. Kira kira yang terlintas dibenak anda adalah sekumpulan kertas kumuh yang terkupul dan diletakan di sudut ruangan sebuah kantor, disertai udara yang pengap. Kesan anda tidak sepenuhnya keliru karena mungkin di indonesia sebagian arsip masih dipandang sebelah mata dan di anggap tidak begitu penting. Untuk mengatasi pandangan yang keliru tersebut maka kita perlu mengetahua dan mempelajari tentang cara kearsipan.

Definisi Arsip

Di indonesia sudah ada Undang-Undang tentang Arsip yaitu UU no 43/2009. dalam undang undang tersebut dinyatakan arsip sebagai berikut:

1. Kearsipan adalah dalhal yang berkenaan dengan arsip.
2. Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perorangan dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dari fungsinya arsip sebagai berikut ini:
 1. Arsip dinamis yang digunakan secara langsung dalam perencanaan pelaksanaan, penyelenggaraan kehidupan kebangsaan pada umumnya atau digunakan secara langsung dalam administrasi negara.
2. Arsip statis yang tidak digunakan secara langsung dalam perencanaan pelaksanaan, penyelenggaraan kehidupan kebangsaan pada umumnya ataupun penyelenggaraan sehari hari administrasi negara.

Istilah arsip menurut fingsinya sedikit membingungkan dan hal tersebut tanpak pada kehidupan sehari hari. Seperti terbenang dibenak orang apabila disebutkan arsip merupakan sekumpulan kertas yang kumuh berada di pojok ruangan dan udaranya pengap. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya keliru, tetapi perlu adanya anggapan yang perlu dibenarkan.

Arsip sebagai informasi terekam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Semoga Berkah

0 komentar:

Posting Komentar