Senin, 23 September 2019

Pengenalan Teknologi Informasi

Pengenalan Teknologi Informasi



Pengertian dan Peran Teknologi Iformasi

Teknologi informasi dimulai pada tahun 1957 yang pada masa itu pekerjaan manusia mulai berhubungan dengan informasi.ciri dari abad informasi ditandai dengan meningkatnya masyarakat dan meluasnya pengguna teknologi informasi. Masyarakat ti adalah masyarakat yang didalamnya lebih banyak orang menangani informasi dibandingkan pertanian atau industri. Pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan merekam menyimpan menelusur menganalisis mengkomunikasikan informasi baik dalam bentuk data teks gambar atau video.

Teknologi informasi memiliki 6 fungsi dalam sistem informasi yaitu menangkap capturing mengelola processing menghasilkan generating menyimpan storage menemukan retrieval dan melakukan transmisi transmission.penerapan teknologi informasi memberikan keuntungan bagi penggunanya dalam kecepatan speed konsistensi konsistensi ketepatan precision kehandalan liability.kemajuan teknologi informasi telah membawa berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh manusia. Penerapan teknologi di sekitar kita telah membantu banyak orang dalam mendapatkan pekerjaannya.saat ini berkembang perekonomian yang memungkinkan transaksi perdagangan melalui internet seperti transfer uang melalui m-banking pekerja jarak jauh dan teleconference dan pendidikan jarak jauh atau e-learning.

Arsitektur teknologi informasi adalah perencanaan mengenai persyaratan informasi dalam sebuah organisasi.arsitektur teknologi informasi menjadi panduan operasional organisasi pada saat akan diaplikasikan dan merupakan arahan pengembangan ke depan.infrastruktur teknologi informasi adalah fasilitas fisik komponen teknologi informasi layanan informasi dan manajemen teknologi informasi.

perencanaan strategis teknologi informasi adalah serangkaian perencanaan jangka panjang yang menggambarkan infrastruktur teknologi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.rencana organisasi dan arsitektur teknologi informasi yang ada menjadi bagian pengembangan rencana strategi teknologi informasi.

Konsep Dasar Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan sebuah sistem yang memiliki fungsi mengumpulkan memproses menyimpan menganalisis menyebarkan informasi untuk suatu tujuan tertentu.sistem informasi menggunakan teknologi komputer yang dikenal dengan istilah otomasi.sistem informasi berbasis komputer atau komputer base information system CBIS adalah sebuah sistem informasi yang menggunakan komputer dan telekomunikasi untuk melakukan tugas-tugas yang diinginkan.

Data adalah fakta atau bahan mentah yang merupakan penjelasan dari segala sesuatu peristiwa aktivitas dan transaksi yang dicatat diklasifikasikan tetapi tidak diatur untuk mengungkapkan suatu makna tertentu.Informasi adalah sekumpulan data yang telah diatur diinterprestasikan dan disajikan dengan cara tertentu sehingga mempunyai makna dan nilai bagi si penerima.pengetahuan terdiri dari data dan informasi yang sudah diatur dan diproses untuk mengungkapkan pemahaman pengalaman pembelajaran yang terakumulasi ketika diterapkan dalam masalah atau aktivitas tertentu.

Komponen-komponen dasar dari sistem informasi terdiri dari perangkat keras hardware perangkat lunak software basis data jaringan network prosedur dan orang.beberapa jenis sistem informasi dalam bidang kearsipan antara lain adalah sistem pemrosesan transaksi sistem informasi manajemen sistem pendukung intelegensi sistem pakar sistem pertukaran data elektronik sistem manajemen hubungan pelanggan sistem komputasi bergerak sistem berbasis web dan sistem informasi global.

Sistem informasi memberikan dukungan bagi keseluruhan organisasi mulai dari jenjang terbawah dalam hierarki organisasi hingga jenjang tertinggi yang meliputi jenjang administratif jenjang operasional jenjang manajerial jenjang pekerjaan dan pengetahuan dan jenjang strategis.sistem informasi dalam bidang kearsipan meliputi sistem otomasi manajemen rekod sistem manajemen dokumen dan pengelolaan arsip digital.

Pengenalan Teknologi Informasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Semoga Berkah

0 komentar:

Posting Komentar