Kamis, 12 Desember 2019

KAJIAN SOFTWARE Perencanaan Kebutuhan Perangkat Lunak dan Perangkat Keras


Perencanaan Kebutuhan Perangkat Lunak dan Perangkat Keras



1.      Pendahuluan
a.       Latar belakang
Peralatan teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas kerja seorang sekretaris. Seorang sekretaris akan bekerja lebih efektif jika perangkat yang mereka gunakan memadai dan sesuai dengan kebutuhannya. Jika seorang sekretaris bekerja tapi perangkat yang dibutuhkan tidak mendukung maka akan menghambat pekerjaan.

Komputer merupakan alat pengolah data menggunakan program tertentu. Dalam hal ini bagi sekretaris merupakan alat yang paling familier. Pekerjaan sekretaris dalam perkantoran modern komputer merupakan alat sehari-hari. Tidak hanya digunakan dalam pembuatan surat saja namun pengolahan data, alat hitung, dan dapat sebagai media komunikasi. Keunggulan komputer ialah kecepatan dalam pengolahan data, keandalan dan ketelitian. Komputer sendiri terbagi dalam dua perangkat yaitu hardware dan software. Sedangkan hardware atau perangkat keras terdiri dari CPU (Central Processing Unit), monitor, keybord, mouse, hadphone dan lain-lain. untuk software atau perangkat lunak itu merupakan program-program yang ada dalam komputer seperti microsoft office, internet exploler, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Melihat kenyataan yang ada pada saat ini dimana kebutuhan kerja sekretaris kurang memadai terutama komputer di mana software dan hardware yang telah usang. Maka diperlukan pembaharuan perangkat komputer tersebut, demi memperlancar kegiatan kerja sekertaris.

2.      Kegiatan Kesekretariatan
Kesekretariatan ialah aktivitas yang dilakukan pada sekretariat yakni menunjukkan tata kerja atau proses kerjanya sekretariat. Dengan demikian, kesekretariatan bersifat aktif dan dinamis dalam kegiatan jasa-jasa perkantoran, terutama yang sangat berkaitan dengan proses administrasi.

Selanjutnya pengertian kesekretariatan adalah merupakan sifat kegiatan atau aktivitas kerja dari seorang sekretaris, atau merupakan sifat dan macam pekerjaan yang harus dikerjakan pada jabatan sekretaris.

Dalam pelaksanaan kerjanya yang konkrit mengenai tugas-tugas sekretriat dari perusahaan-perusahaan umumnya biasanya sebagai berikut (tanpa pembahasan yang lebih jauh mengenai masing-masing kegiatannya, kecuali surat menyurat pada point berikutnya) :

a.       Persiapan dan pelaksanaan pekerjaan dari direksi.
b.      Penyelenggaraan surat-menyurat.
c.       Pengaturan hubungan keluar.
d.      Penganggaran belanja
e.       Persiapan dan penyelenggaraan konferensi perusahaan.
f.       Persiapan dan penghadiran rapat-rapat dari dewan pengurus dan rapat umum para pemegang saham.
g.       Penerapan atau perbaikan tata kerja yang ilmiah.
h.      Penyusunan dokumentasi dan arsip/penyimpanan warkat berdasarkan abjad, perihal, nomor, tanggal, wilayah dan sebagainya.
i.        Wadah atau tempat pelaksanaan aktivitas atau kegiatan dari suatu organisasi, sehingga fungsi aktivitas sekretriat tersebut dapat dikatakan aktif ataupun tidak aktif.

3.      Kebutuhan Perangkat Keras
Perangkat Keras / Hardware
Agar OpenSID dapat bekerja dengan optimal pada komputer, maka diperlukan perangkat keras dengan spesifikasi minimal yang tersedia adalah sebagai berikut :
1. Komputer
Komputer yang akan digunakan sebagai PC router dan proxy server memiliki spesifikasi
sebagai berikut :
1)      1 Ghz processor ( contoh, Intel Celeron atau yang lebih baik )
2)      2 Gb RAM ( Memori )
3)      80 GB ruang harddisk
4)      CD/DVD atau USB flashdisk
5)      Resolusi Monitor dan VGA 1024×768 ( minimum )
6)      Koneksi Internet
Spesifikasi kebutuhan perangkat keras atau hardware di atas merupakan kebutuhan kerja sekertaris.
4.      Kebutuhan Perangkat Lunak
Karena Sistem Informasi Desa ( SID ) OpenSID dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan membutuhkan webserver agar dapat beroperasi, maka perlu dipersiapkan dahulu lingkungan perangkat lunak tersebut yang meliputi :
1)      Sistem Operasi (Linux/Windows/Mac)
2)      Webserver Apache2
3)      MySQL
4)      PHP5
5)      Koneksi Internet

5.      Kesimpulan
Tugas-tugas sekretaris yang menggunakan teknologi perkantoran meliputi : tugas rutin, tugas intruksi, tugas kreatif dan tugas hubungantentang teknologi perkantoran yang digunakan untuk kerja yang efektif dan efisien dalam dunia kerja. Teknologi perkantoran merupakan salah satu alat pendukun melaksanakan tugas-tugas sekrataris yang berupa alat-alat kantor atau mesin-mesin kantor. Tugas-tugas sekretaris yang ditekakankan pada pemanfaatan teknologi perkantoran akan membantu kerja managerial pimpinan untuk tercapainya kerja yang efektif dan efisien.

KAJIAN SOFTWARE Perencanaan Kebutuhan Perangkat Lunak dan Perangkat Keras Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Semoga Berkah

0 komentar:

Posting Komentar